Perayaan Bulan Bahasa PBSI FKIP: Bedah Novel dan Gelar Panggung

0
405

Tanjungpinang – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar serangkaian kegiatan sempena merayakan Bulan Bahasa yang jatuh di bulan Oktober.

Peringatan Bulan Bahasa oleh PBSI FKIP Tahun ini terasa berbeda dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, pelibatan berbagai elemen internal FKIP dan eksternal Universitas yang terkait dengan Bahasa dan Sastra membuat perhelatan tahunan Prodi PBSI FKIP ini lebih meriah.

Rangkaian Kegiatan Perayaan Bulan Bahasa PBSI FKIP UMRAH ini diawali dengan Pergelaran Sastra dan Seni dengan tajuk “Bahasa sebagai pilar pembangunan jiwa seni generasi bangsa.”

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA PBSI) bersama Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan di ruang Auditorium Dompak, Jumat(12/10).

Dalam kegiatan tersebut ditampilkan berbagai pertunjukan sastra dan seni seperti Bedah novel berjudul 121 hari di Shimatsuma karya Julian Anggar K.S dan Novel Pesantren untuk Asyfi karya Ika Indriyani. Dua orang penulis novel ini sendiri merupakan mahasiswa dari Prodi PBSI.

Kedua novel tersebut terbit pada pertengahan tahun 2018 sehingga masih sangat hangat untuk diperbincangkan. Tak hanya bedah novel saja, sesi pertunjukan teater, musikalisasi puisi, visualisasi, dramatisasi pantun, kabaret, dan standup comedy  juga disambut antusias.

Kepala Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia, Tessa Dwi Leoni mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dirancang sedemikian rupa agar mampu meningkatkan keaktifan dan kecintaan mahasiswa terhadap dunia sastra dan seni.

“Jadi, sastra bukanlah sekedar materi yang dipelajari pada saat perkuliahan. Pergelaran yang diadakan diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melahirkan bakat-bakat yang terpendam.” ujar alumni Pascasarjana UPI Bandung ini saat ditemui di Auditorium UMRAH Dompak.(PBSI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here